Foto : ils/Tajuk.id

Donald Trump Puji Brexit sebagai Hal “Luar Biasa”

haidir | Senin , 16 Januari 2017 - 17:22 WIB

Publicapos.com - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji Brexit sebagai “hal yang luar biasa” dan mendukung percepatan kesepakatan perdagangan dengan Inggris, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar The Times.
 
Dia juga memperkirakan bahwa negara lain akan mengikuti langkah Inggris untuk memilih meninggalkan Uni Eropa.
 
“Brexit pada akhirnya menjadi sesuatu yang luar biasa,” ujar Trump tentang referendum Inggris pada Juni lalu untuk meninggalkan Uni Eropa.
 
Sang presiden terpilih mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan dengan Inggris akan menjadi hal yang “baik bagi kedua belah pihak.”
 
“Tentu saja, saya adalah penggemar berat Inggris. Kami akan bekerja dengan sangat keras untuk mempercepatnya dan melakukannya dengan benar,” ujar Trump, mengonfirmasi bahwa dia akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May segera setelah pelantikannya pada 20 Januari.
 
Antusiasmenya terhadap kesepakatan bilateral akan disambut oleh pemerintah Inggris, yang dalam beberapa bulan terakhir mencari calon mitra dagang menyusul rencana kepergiannya dari Uni Eropa.
 
Trump juga mengatakan bahwa Brexit kemungkinan akan diikuti oleh negara lain di blok itu.
 
“Saya pikir orang-orang menginginkan identitas pribadi masing-masing, oleh karena itu jika Anda menanyakan kepada saya… saya yakin negara lain akan keluar,” ujar Trump, menyusul pemilihan Inggris pada Juni lalu untuk meninggalkan Uni Eropa.


Soal Sikap AS Terhadap Yerussalem, Menag: Kebijakan Itu Usik Kedamaian Dunia

ASEAN Sepakati Tangani Perdagangan Manusia di Kawasan Asia Tenggara

Donal Trump Perintahkan Perketat Pemeriksaan Pada Kedatangan Pelancong

Developing D-8, Wapres Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kedamaian