Foto : Koramil Cisewu kini punya patung harimau yang lebih gagah. (ist)
Sempat Bikin Heboh Netizen

Patung Harimau `Lucu` di Koramil Cisewu Resmi Dipensiunkan

Ind | Sabtu , 18 Maret 2017 - 12:45 WIB

Publicapos.com- Patung harimau `lucu` yang telah `bertugas` selama enam tahun di Koramil Cisewu, Garut, Jawa Barat, akhirnya `pensiun`. Patung harimau `lucu` itu kini digantikan dengan patung harimau yang lebih garang.

Patung harimau di Koramil Cisewu sempat membuat heboh netizen yang menyebut patung tersebut tidak memberi kesan gagah seperti harimau pada umumnya. Patung harimau tersebut belakangan dikenal dengan nama harimau lucu atau harimau humanis di media sosial.

Komando Daerah Militer III Siliwangi langsung bereaksi. Maka pada Jumat (17/3/2017) kemarin, berdirilah sebuah patung harimau baru. Bentuknya lebih besar dan garang. "Hari ini sudah diganti patung baru. Patung harimau lama sudah dipensiunkan," ujar Kapendam III Siliwangi Letkol ARH Desi Arianto.

Desi menjelaskan, patung harimau lama diganti karena dengan bentuknya yang lucu tidak melambangkan prajurit TNI yang gagah berani. "Karena patung lama bentuknya kurang bagus atau bisa dikatakan lucu. Maka kita kasih patung harimau yang melambangkan prajurit. Kita ganti karena ini masukan dari masyarakat yang bilang patung harimaunya lucu," ungkapnya.

Menurutnya, harimau bagi prajurit Siliwangi dan warga Jabar merupakan simbol yang diwariskan oleh nenek moyang pada masa lampau, yaitu era Kerajaan Pajajaran dengan rajanya yang bergelar Prabu Siliwangi. "Berdasarkan sejarah, pada saat Prabu Siliwangi memerintah, harimau juga selalu ada di sampingnya," katanya.

Karena itu, macan dipresentasikan sebagai simbol kegagahan, keberanian, sifat ulet, dan pantang menyerah. "Maka, sesuai perintah dari Pangdam III/Siliwangi, maka patung itu diperbaiki dan digantikan dengan patung macan yang sesuai," jelasnya.
 


Duuhhh... Perlombaan Panjat Pinang HUT Ke-72 RI Makan Korban Jiwa

Prof Haris: HUT RI KE-72, Stop Saling Hina Mari Teguhkan Pancasila

IDMI Dukung Langkah La Nyalla Maju di Pilkada Jatim

Nasib Ridwan Kamil Belum Jelas di Pilgub Jabar