Foto : Sunset di Bali

Perbanyak Zikir dan Doa di Hari Jumat

Adam | Jumat , 14 April 2017 - 03:38 WIB

Publicapos.com - Semua hari adalah baik, dan tidak ada hari yang tidak baik. Namun, Allah menganugerahkan kelebihan-kelebihan tertentu pada hari Jumat. Apa saja kelebihan-kelebihan hari Jumat, ini penjelasannya.
 
Hari Jumat merupakan hari raya setiap orang. Pada hari jumat juga ada waktu yang mustajabah, di mana doa dan permintaan kita kepada Allah akan dikabulkan.  Karena itu Rasulullah saw menganjurkan kepada kita untuk banyak berdoa dan berzikir di hari mulia ini.  Kapan waktu tersebut, tidak ada penjelasan yang pasti, yang jelas di hari Jumat. 
Ada memang yang mengatakan bahwa waktu mustajabah di hari Jumat adalah saat imam atau khatib naik mimbar hingga selesai salat Jumat. Ada juga yang mengatakan waktu mustajabah adalah di antara dua khotbah Jumat.
 
Selain berdoa dan berzikir, Rasulullah saw menganjur kita untuk membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq dan al-Nas setelah salat jumat sebanyak tujuh kali agar Allah melindungi kita dari segala keburujan hingga jumat mendatang. Sebagaimana terekam dalam hadis: Rasulullah saw bersabda: Barang siapa yang setelah salat Jumat membaca surat al-Ikhlas, surat al-Falaq, dan surat al-Nas sebanyak tujuh kali, maka Allah melindunginya dari keburukan hingga Jumat mendatang.
 
Imam al-Nawawi dalam kitabnya, al-Azkar menjelaskan bahwa pada malam dan siang di hari Jumat kita disunnahkan untuk membaca al-Quran, berzikir, berdoa, dan bersalawat kepada Nabi saw. Salah satu surat yang disunnahkan untuk dibaca adalah surat al-Kahfi. 
 
Banyak peristiwa yang terjadi pada hari Jumat. Abu Hurairah mengabarkan bahwa Nabi saw bersabda: Sebaik-baik hari di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada Hari Jumat Adam dimasukkan dalam surga, pada hari Jumat Adam dikeluarkan dari surga, dan Kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat.
 
Wallahu a’lam bisshawab
 


Keagungan Hari Jum’at

Ingin Didoakan Malaikat Lakukan 11 Amalan Ini