Foto : Adzan

Panggilan Tuhan

Adam | Minggu , 06 Agustus 2017 - 03:00 WIB

Publicapos.com - Manusia, kata al-Quran menjalani hidup di dunia ini harus serius mempersiapkan dirinya untuk bertemu dengan Tuhan. Karena, hidup di dunia ini hanya sementara. Kehidupan dunia mesti dipandang sebagai medium menuju Tuhan. Seperti diungkap dalam Q.S. al-Insyiqaq ayat 6: 
 
“Hai Manusia sesungguhnya engkau telah bekerja denagn sungguh-sungguh menuju Tuhan-mu, maka pasti engkau akan menemui-Nya.”
 
Ayat di atas menurut Ibn Katsir, menjelaskan bahwa Tuhan akan menggajar perbuatan manusia. Jika ia berbuat baik, maka Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan, jika ia berbuat buruk, maka Tuhan akan membalas dengan keburukan. Pengertian demikian, menurut Ibn Katsir lagi diperkuat oleh hadis yang diriwayatkan oleh Au Daud al-Tayalisi, dari al-Hasan Ibn Abu Ja’far, dari Abu Zubair, dari Jabir yang mengatakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:
 
“Hai Muhammad, hiduplah kamu sesukamu, maka sesungguhnya kamu bakal mati, dan sukailah apa yang engkau inginkan, maka sesungguhnya engkau akan meninggalkannya dan beramallah sesukamu, maka sesunggunya kamu akan menjumpai balasannya”.
 
Di antara kita banyak yang tidak menyadari bahwa hidup ini adalah sementara, tak tidak abadi. Kita akan meninggalkan apa yang kita sukai, bahkan kita sendiri juga akan mati. Karena itu, berbuat baik terhadap sesama dan beribadah kepada Tuhan adalah pilihan yang seyognya kita pilih.
 
Tapi tak semua orang bisa menyadarinya. Tuhan sendiri, paling tidak dalam satu hari memanggil kita untuk selalu mengingat-Nya agar kita dapat menjalani hidup ini secara bahagia.  Ini panggilan pertama. Panggilan salat lima kali dalam sehari. Dalam salat, manusia bersimpuh dihadapan-Nya, melantunkan zikir, “Allah”  “Allah”  agar beroleh ketenangan.
 
Tidakkah salah satu kumandang sang muazzin terdengar “hayya ala shalah” “hayya alal falah” panggilan untuk mengingat Allah dan panggilan menuju kebahagiaan. Siapa saja yang menginginkan bahagia, salat adalah jalan keluarnya begitulah kira-kira panggilan Tuhan. (AMF)