Foto : Istimewa

Cak Imin: Fikih dan Iptek Dua Aspek yang Saling Menopang

Rhr | Kamis , 24 Agustus 2017 - 13:21 WIB

Publicapos.com- Teknologi memang terkesan jauh dari pola ilmu pengetahun agamis yang bersifat ukhrawi, teknologi terkesan kaku, karena ia merupakan bagian dari sains yang berkembang secara mandiri dan punya metodologi tersendiri.

 
Namun tidak bagi Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Menurutnya, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sangat bisa diintegrasikan dengan Islam dalam konteks sains modern, termasuk urusan fikih.
 
“Kemajuan Iptek LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) seyogyanya memungkinkan fikih berintegrasi ke dalam kehidupan modern tanpa mengorbankan identitasnya,” kata Cak Imin di Jakarta, Rabu (23/8/2017).
 
Menurut Cak Imin, kesadaran tersebut akan muncul pada saat umat Islam sama-sama memahami dasar pengetahuan fikih dan juga iptek sekaligus. Oleh sebab itu, fikih dan Iptek merupakan dua aspek yang saling menopang satu sama lain.
 
“LIPI bisa ikut menumbuhkan budaya Iptek tumbuh pesat beserta maraknya perkembangan spesialisasi dalam banyak bidang. Warga PKB wajib semarakkan budaya Iptek dalam segala bidang, termasuk dalam kehidupan beragama. Agama dan Iptek sejalan,” tegasnya.
 
Lebih dari itu, Cak Imin menyatakan bahwa integrasi ilmu agama yang terangkun dalam fikih dengan Iptek modern dapat membawa kemaslahatan yang lebih konkrit bagi masa depan Indonesia.
 
“Masa depan Indonesia hanya ada di tangan orang yang berani bereksperimen dalam iptek untuk kemashlahatan umat,” tukas Cak Imin. (rhr)


Nonton Film Wage, cak Imin: Ini cocok Untuk Ditoton Kids Zaman Now

Ratusan Mahasiswa Minta Cak Imin Jadi Pemimpin Indonesia

Cak Imin: Generasi Milenial Dapat Jadi Pahlawan Perangi Hoax dan Radikalisme

Sarungan, Cak Imin Jalan Sehat dengan 50 Ribu Santri