Foto : Penyerahan panel surya dari UB, Dr. Ir. Sholeh Hadi Pramono, MS kepada Yonatan Saptoes, Kepala Desa di Kantor Balai Desa Tambakrejo, Minggu (27/8/2017). (Istimewa)

Universitas Brawijaya Hibahkan Sepuluh Perangkat Panel Surya untuk Pantai Sendiki

Kis | Rabu , 30 Agustus 2017 - 12:08 WIB

Publicapos.com - Universitas Brawijaya (UB) dorong masyarakat di kawasan pantai Sendiki, Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang bisa mengembangkan teknologi energi ramah lingkungan. Mengawali program tersebut, UB menghibahkan sepuluh perangkat Panel Surya pada warga kawasan panta
i. 
Keberadaan energi ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk penerangan sangat dibutuhkan warga kawasan pantai. Pasalnya, hingga saat ini salah satu kawasan wisata pantai selatan di Kabupaten Malang itu belum mendapatkan pasokan listrik dari PLN. 
 
Eka Maulana, Tim Pelaksana memaparkan, pengabdian masyarakat ini sebagai upaya untuk mendukung ketersediaan listrik dan mendukung perkembangan ekonomi warga pantai sendiki yang selama ini tidak mendapatkan pasokan listrik dari PLN. 
 
Baca juga: UB Kukuhkan Gelar Juara Umum Keenam Pimnas di UMI Makassar
 
Harapannya, masyarakat pantai Sendiki dapat mengembangkan pantai dengan energi yang ramah lingkungan untuk menjadi pantai percontohan di Indonesia dalam hal pembangkitan energi listrik.
 
Lokasi pemasangan panel surya berada di kantor balai desa dan sekitar pantai sendiki. Selain serah terima panel surya, ditempat yang sama yaitu kantor balai desa, UB juga memberi pelatihan kepada masyarakat pesisir pantai sendiki tentang pengenalan, perakitan, dan pemeliharaan panel surya kepada masyarakat yang disampaikan oleh tim pengabdian dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yaitu Dony Darmawan, Hasan dan Machfud Firmansyah.
 
Hasil kusioner yang disebar kepada peserta pelatihan menunjukan 100% peserta dapat merakit dan merawat panel surya. Hal tersebut dapat dipastikan kebenarannya setelah berhasilnya warga bergotong royong merakit perangkat panel surya di Kantor Balai Desa Tambakrejo.
 


Dinkes Malang Akan Cabut Izin Apotek Jika Terbukti Jual Pil PCC

Selain Eddy Rumpoko, OTT KPK Juga Menciduk Empat Orang Lainnya

Sudah Bicara ke Mega, Risma Menolak Maju di Pilkada Jatim 2018

Lagi, Mahasiswa UMM dan Singapura Kolaborasi Ciptakan Teknologi Baru