Foto : Ilustrasi (ist)

Tak Mau Menderita Asam Urat? Hindari Makanan dan Minuman Ini

Ind | Sabtu , 23 September 2017 - 12:22 WIB

Publicapos.com- Asam urat merupakan kondisi di mana terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Penumpukan kadar asam urat tersebut diakibatkan oleh adanya penumpukan purin yang menghasilkan asam urat.

Di mana, jumlah yang dikeluarkan lebih kecil dibanding yang diserap, sehingga terjadilah kelebihan asam urat di dalam tubuh. Asam urat berlebih dalam tubuh akan terakumulasi di persendian, sehingga memunculkan berbagai keluhan seperti nyeri, bengkak bahkan peradangan.

Apakah Anda termasuk orang yang mengidap penyakit ini? Jika iya, ada baiknya jangan anggap remeh penyakit ini. Untuk menghindari asam urat, dapat dilakukan dengan menghindari makanan yang dapat memicu berlebihnya asam urat di tubuh.

Penyebab asam urat paling tinggi salah satunya adalah dari makanan. Nah, berikut makan yang wajib dihindari para penderita penyakit asam urat.

Kerang
Kerang adalah makanan yang dipantang bagi penderita asam urat. Hal itu dikarenakan kerang selain salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, kerang juga mengandung zat purin tinggi. Zat purin pada kerang sebanyak 136 mg/ gram.

Makanan Laut
Makanan laut, selain kerang, sebaiknya juga jangan dikonsumsi terlalu sering karena merupakan jenis makanan penyebab asam urat yang mematikan.

Makanan laut seperti udang, kepiting, cumi dan masih banyak lagi lainnya kaya akan purin sehingga bisa menyebabkan ginjal kesulitan dalam mengeluarkannya. Udang memiliki kadar purin sebanyak 234 mg/100 gram, ikan sarden memiliki kadar asam urat sebanyak 480 mg/100 gram, sementara Lobster memiliki zat purinnya sebanyak 118 mg/100 gram.

Daging Berlemak
Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal itu dikarenakan dengan mengkonsumsi daging terutama daging yang kaya akan lemak menyebabkan kadar asam urat bisa cepat meninggi.

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam daging berlemak juga memicu kadar purin juga tinggi. Batas normal konsumsi daging adalah maksimal 6 ons per hari. Lemak jahat tidak mampu diuraikan oleh jantung, begitu pula oleh ginjal.

Makanan Dengan Bahan Kedelai
Makanan dengan bahan kedelai juga harus dihindari oleh penderita sam urat. Hal itu dikarenakan kedelai memiliki zat purin tinggi terutama dengan kedelai yang telah diproses fermentasi/ragi.

Kacang kedelai sendiri memiliki zat purin sebanyak 190 mg/100 gram. Sedangkan olahan dari kacang kedelai memiliki zat purin lebih tinggi. Tahu memiliki zat purin 208 mg/100 gram, sedangkan Tempe mengandung zat purin sebanyak 241 mg/gram.

Adapun untuk minuman, penderita asam urat juga disarankan untuk tidak meminum minuman bersoda dan semua minuman yang mengandung alkohol.

Minuman bersoda tinggi akan zat fruktosa yang ada pada sirup pembuat soda. Pemanis buatan yang ada pada soda ditambahkan dengan zat fruktosa membuat kadar asam urat terpacu dengan cepat dan bisa memproduksi lebih banyak kadar asam urat. Bahaya minuman bersoda juga wajib anda hindari karena dapat menyebabkan osteoporosis.

Sementara minuman yang mengandung alkohol tak hanya berbahaya bagi penderita asam urat saja. Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan lainnya.

Setelah mengetahui bahwa anda sedang mengalami gangguan asam urat, sebaiknya segera beristirahat dan mengompres bagian sendi yang terasa nyeri dengan es batu yang dibungkus dengan handuk selama beberapa menit yaitu +/- 20 menit. Hindari menerapkan es batu langsung ke bagian sendi yang sakit, karena hal tersebut justru akan merusak permukaan kulit.

Beberapa jenis obat-obatan berikut dapat membantu meredakan gangguan asam urat anda. Penggunaan obat anti-inflamasi non steroid yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, seperti etoricoxib,  disclofenac, dan naproxen. Penggunaan Colchicine untuk mengurangi kekuatan kristal-kristal natrium urat  dalam menyebabkan peradangan pada daerah persendian.

Dengan berkurangnya kemampuan kristal-kristal tersebut, maka rasa sakit bisa berkurang. Penggunaan kortikosteroid yang disuntikan ke dalam otot atau langsung ke dalam sendi yang mengalami radang untuk meredakan rasa sakit.

Untuk pencegahan gangguan asam urat, seklian menghindari makanan dan minuman yang disebut di atas, anda disarankan untuk mengonsumsi air putih yang banyak mengandung alkaline sebanyak 12 gelas perharinya. selain itu, mengonsumsi susu dapat menurunkan kadar asam urat hingga 0.25 mg/dl. Selain susu dan air putih, anda juga diwajibkan menjaga berat badan dan rajin mengonsumsi multivitamin dan vitamin C

Waspadalah, bahaya asam urat tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan penyakit ginjal yang cukup mematikan dan bahkan dapat menyebabkan jantung koroner. Mulailah hidup sehat dari sekarang.


Delapan makanan yang dibutuhkan pria

Minuman Kemasan Ancam Produksi Sperma

Seorang Pria Jepang Meninggal Akibat Tersedak Onigiri