Foto : Ilustrasi (ist)

Sudahkah Anda Berjalan Kaki di Pagi Hari? Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ind | Minggu , 08 Oktober 2017 - 05:59 WIB

Publicapos.com- Olahraga adalah salah satu jenis aktivitas yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Aktivitas seharian akan penuh energi, jika diawali dengan olahraga pagi.

Tahukah Anda olahraga paling murah meriah dan banyak manfaatnya adalah jalan kaki? Jalan kaki, terutama di pagi hari, diyakini bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan hingga mencegah diabetes.

Jangan malas atau takut lelah untuk melakukan olahraga jalan kaki. Jika Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan hingga cepat.

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan. Setelah rutin, maka tingkatkanlah durasinya secara bertahap.

Jika Anda berjalan kaki secara rutin dan tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat, maka Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan beberapa manfaat, antara lai;

Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol
Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol Anda.

Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan kepada dokter Anda.

Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui seberapa lama dan berat bisa melakukan olahraga jalan kaki. Karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung Anda.

Mencegah diabetes tipe 2 hingga 30 persen
Selain bermanfaat untuk jantung, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki, setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki,

Anda telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

Menurunkan berat badan
Dengan berjalan kaki, atau jalan cepat selama 30 menit dalam sehari, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari.

Semakin cepat langkah kaki Anda, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, Anda juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit. Cobalah untuk sempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi.

Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa lebih baik.
 
Mengurangi stres
Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelumnya bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Ya, menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya.

Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood Anda merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.


Ngopi Setelah Minum Obat, Bolehkah?

Dapatkan Berat Badan Ideal Hindari 5 Kebiasaan ini

Postur tubuh dapat pengaruhi mood