Foto : Kanselir Jerman, Angela Merkel. (istimewa)

Kanselir Jerman Angela Merkel Tak Dukung Kemerdekaan Catalonia

Ind | Selasa , 10 Oktober 2017 - 09:12 WIB

Publicapos.com- Kanselir Jerman Angela Merkel tak mendukung rencana kemerdekaan Catalonia. Lewat pembicaraan telpon dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, Merkel secara tegas mendukung persatuan Spanyol.

"Merkel menegaskan dukungan bagi persatuan Spanyol, dan kedua belah pihak saling bertukar pandangan mengenai upaya agar dialog internal Spanyol dapat didorong dalam kerangka konstitusi," demikian keterangan juru bicara, Steffen Seibert.

Spanyol dilanda krisis politik terparah dalam beberapa dekade terakhir setelah Catalonia menggelar referendum kemerdekaan pada 1 Oktober meski pemerintah Spanyol dan pengadilan melarang. Tindakan keras aparat kepolisian yang berusaha mencegah pelaksanaan pemungutan suara di Catalonia menuai kecaman masyarakat dunia.

Seibert pada pekan lalu menolak mengomentari aksi kekerasan oleh kepolisian yang melukai ratusan orang dan mengatakan hal tersebut "bukan tugas saya menilai operasi oleh kepolisian Spanyol". Ia juga mengatakan Merkel tidak berniat memediasi kedua belah pihak dalam krisis politik di Spanyol.

Rajoy mengeluarkan peringatakan keras kepada para pemimpin Catalunya yang mengancam akan mendeklarasikan kemerdekaan pada pekan ini. Ia tidak memungkiri solusi untuk mencegah hal itu dengan menangguhkan otonomi daerah Catalunya sehingga berisiko menyulut kerusuhan.


Bebas dari Hukuman Mati di Arab, Dua WNI Kembali ke Indonesia

Diundang Makan Siang Bareng Paus Fransikus, Dua Napi Ini Malah Kabur

Kerjasama dengan Rusia, Arab Saudi Antisipasi Penyebaran Ideologi Kebencian