Foto : Tata cara registrasi Sim card. (ist)

Belaku Akhir Oktober, Ini Cara Daftar Kartu SIM Pakai NIK dan KK

Ind | Kamis , 12 Oktober 2017 - 08:59 WIB

Publicapos.com- Terhitung mulai 31 Oktober 2017, Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan Validasi pendaftaran nomor kartu SIM pelanggan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK).

Registrasi ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan nomor kartu SIM, terutama bagi pelanggan prabayar. Validasi ini berlaku bagi pelanggan baru dan lama. Pelanggan lama akan diminta untuk melakukan registrasi ulang.

Sementara pelanggan yang membeli kartu perdana harus melakukan registrasi dengan identitas yang sah. Jika registrasi tidak dilakukan, maka pelanggan baru tidak bisa mengaktifkan kartu perdana. Sementara bagi pelanggan lama, nomor mereka akan diblokir secara bertahap.

Saat pengguna memasukkan nomor e-KTP atau nomor Kartu Keluarga, nomor ini divalidasi dengan melakukan pengecekan otomatis dengan database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

"Untuk melakukan registrasi kartu perdana, pengguna harus mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#. Registrasi ulang harus dilakukan selambatnya tanggal 28 Februari 2018," demikian tertulis dalam siaran pers Kemenkominfo.

Jika data sesuai, maka proses registrasi berhasil. Pengguna pun dapat menggunakan kartu SIM mereka. Namun, jika validasi gagal atau tidak dilakukan, maka pelanggan baru tidak bisa mengaktifkan kartu perdana.

Jika ada kendala dalam proses registrasi, Kemenkominfo menghimbau pelanggan untuk menghubungi layanan pelanggan masing-masing operator. Ditjen Dukcapil juga bisa dihubungi terkait masalah informasi data kependudukan.

Jika data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama tidak dapat tervalidasi meskipun telah memasukan data yang sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Keluarga atau KTP elektronik, maka pelanggan wajib mengisi Surat Pernyataan.

Tapi, pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang sampai berhasil tervalidasi meski sudah mengisi surat pernyataan ini.
 


Bikin Bangga, Remaja Usia 17 Tahun Bangun Proyek Micro Hydro for Indonesia

Bikin Resah Masyarakat, Kominfo Minta Konten Porno di Laman Webcomic BBM Dihapus

Departemen dan Agensi Federal AS Diperintahkan Hapus Produk Kaspersky dari Sistem Informasi