Foto : Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (istimewa)

Siapa Aktor di Balik Penyerangan Kantor Kemendagri?

Ind | Kamis , 12 Oktober 2017 - 22:45 WIB

Publicapos.com- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta penegak hukum mengungkap aktor di balik penyerangan kantor Kementerian Dalam Negeri.

Tjahjo menduga ada orang yang sengaja menjadi dalang atau otak dibalik peristiwa tersebut. Bahkan sengaja menunggangi aksi demonstrasi massa itu.

"Ada yang bermain main-main dan tidak sekadar masalah Pilkada Tolikara dan keputusan MK," kata Tjahjo, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Ia mengaku telah meminta jajarannya untuk mencari tahu auktor intelektualis peristiwa tersebut. "Harus dicari akar masalahnya, siapa yang bermain, yang mendanai mereka. Harus terungkap siapa di belakang mereka, siapa aktornya. Indikasinya sudah kelihatan muaranya Pilgub Papua," katanya.

"Simpatisan suruhan, pasti ada yang dibelakangnya. Pasti akan terungkap. Indikasinya sudah kelihatan hanya cari pembuktian dari pengakuan yang sedang diperiksa Polri. Proses hukum harus ditegakkan dan harus dibongkar siapa aktor yang menggerakkan mereka," tukas Tjahjo.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa oleh Barisan Merah Putih Tolikara di depan Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017), berujung rusuh.

Kerusuhan tersebut dipicu oleh penolakan terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang sengketa Pilkada Tolikara pada Pilkada 2017 lalu.

Hingga kini, pihak yang kalah dalam sengketa masih menolak putusan MK dan meminta Kemendagri tidak melantik pihak yang menang, yakni Bupati dan Wakil Bupati terpilih Usman Wanimbo-Dinus Wanimbo.


Penyerangan Kantor Kemendagri: Polda Metro Jaya Tetapkan 11 Orang Sebagai Tersangka

Berikut Kronologi Penyerangan Kantor Kemendagri

Penyerangan Kantor Kemendagri Merupakan Bentuk Kejahatan Terhadap Demokrasi