Foto : 11 orang jadi tersangka penyerangan kantor Kemendagri. (ist)

Penyerangan Kantor Kemendagri: Polda Metro Jaya Tetapkan 11 Orang Sebagai Tersangka

Ind | Jumat , 13 Oktober 2017 - 08:12 WIB

Publicapos.com- Polda Metro Jaya telah menetapkan 11 orang sebagai tersangka, dari 15 orang yang diamankan dalam penyerangan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat. Sedangkan empat orang lainnya masih berstatus sebagai saksi.

Para tersangka terbukti melakukan perusakan dan penganiayaan yang menyebabkan enam karyawan Kemendagri menjadi korban. 11 tersangka itu termasuk pimpinan pendemo dari Barisan Merah Putih Papua, Wati Martha Kogoya.

"Mereka terbukti melakukan pengerusakan dan penganiayaan karena ada perbedaan pendapat soal hasil Pilkada di Tolikara," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono.

Argo juga memastikan para pendemo itu bertindak secara spontan setelah menggelar aksi di depan Gedung Kemendagri RI sejak dua bulan lalu. Dia mencatat para pengunjuk rasa meminta kepastian dari Kemendagri RI terkait perbedaan pendapat soal sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tolikara, Provinsi Papua.

Barisan Merah Putih Papua pimpinan Wati Martha Kogoya semula mengawasi dan melakukan sweeping terhadap sejumlah tamu asal Papua untuk masuk ke Kemendagri RI pada Rabu pagi kemarin (11/10/2017). Mereka marah karena tidak sabar menunggu pejabat Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri yang berjanji hendak menerima aspirasinya.

Sekitar 30 pengunjuk rasa masuk melalui pintu depan Kantor Kemendagri dan menganiaya sejumlah orang di sana sekaligus melakukan perusakan. Tercatat 10 orang petugas Kemendagri mengalami luka akibat penganiayaan.

Sementara kerusakan terjadi pada sejumlah pot bunga, kaca pintu Gedung F Kemendagri, kaca di atas pintu Gedung B, kendaraan dinas pejabat Kemendari nomor polisi B-1081-RFW dan kaca belakang mobil D-1704-ACZ.


Polda Metro Jaya Kerahkan 700 Personel Gabungan untuk Amankan Pelantikan Anies-Sandi

Kementan Paparkan Upaya Lindungi Petani Cabai Bawang

Siapa Aktor di Balik Penyerangan Kantor Kemendagri?