Foto : Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati (tengah) menyerahkan tanda terima berkas kepada Ketua DPD NasDem Hutomo Agus Subekti, di kantor KPU, Jumat (13/10/2017). (Kisno/Publicapos.com)

Berkas Resmi Diterima KPU, NasDem Kota Depok Fokus Konsolidasi Menuju Pilgub 2018

kis | Jumat , 13 Oktober 2017 - 14:49 WIB

Publicapos.com – Berkas yang disetorkan DPD NasDem Kota Depok akhirnya dinyatakan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok setelah pemeriksaan selama dua jam lebih, Jumat ini (13/10/2017). 
 
Sejumlah 1.301 data keanggotaan yang disetorkan dinyatakan singkron antara jumlah kartu anggota dan juga KTP sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). 
 
Dengan demikian, NasDem Kota depok menjadi partai kedua setelah PDIP yang menuntaskan penyerahan berkas. Sebab, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang 10 Oktober 2017 lalu menyerahkan berkas, ditolak karena ditemukan data tidak singkron. 
 
Keoptimisan Ketua DPD NasDem Kota Depok, Hutomo Agus Subekti terjawab, dan dirinya mengaku lega. Setelah berkas yang diajukan diperiksa selama dua jam lebih, ternyata dinyatakan singkron dan dinyatakan diterima. ”Kami akan persiapan untuk tahapan selanjutnya, verifikasi faktual,” jelasnya. 
 
Selain itu, Kata Hutomo, juga akan kembali fokus untuk menjalin konsolidasi internal persiapan menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dan juga Pemilihan Presiden 2019. 
 
Konsolidasi tersebut, kata dia, untuk menjaring caleg-caleg yang berkualitas dan memiliki bobot baik di masyarakat. Serta untuk mempersiapkan saksi-saksi yang bakal diterjunkan untuk mengawal proses pemilihan baik Pilgub maupun Pilpres. 
 
Disinggung terkait dengan upaya konsolidasi dengan partai koalisi menjelang Pilgub, Ketua DPD NasDem Kota Depok mengaku belum bergerak ke sana. Untuk langkah tersebut, pihaknya menanti instruksi dari pusat atau dari wilayah.
 
Yang jelas, kata dia, dalam Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang, NasDem sudah mengusulkan nama Ridwan Kamil dan satu partai koalisi yaitu PKB. Artinya, itu merupakan tanda mesin politik menuju pemenangan Kang Emil menuju Jabar 1 sudah mulai dipanaskan. 
 
"Jika belum ada instruksi pusat atau wilayah terkait dengan Pilgub 2018, kami akan fokuskan konsolidasi dengan masif internal DPD NasDem Kota Depok," jelasnya. 
 
Sementara itu, proses pencocokan data NasDem Kota Depok itu tergolong cepat dibandingkan dua partai lainnya yang sudah menyetorkan berkas. Sebab hanya memakan waktu dua jam 30 menit saja.
 
Sedangkan dari keterangan, Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati pemberkasan PDIP Kota Depok dengan 1.203 memakan banyak waktu cukup lama. Sebab ada data yang tidak singkron, tetapi langsung diselesaikan saat itu juga. Berbeda dengan PSI yang dikembalikan berkasnya, lantaran tidak singkron. 
 
Lanjut, Titik menjelaskan, sebetulanya ada 31 partai yang terdata pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), namun hingga saat ini baru tiga partai saja yang sudah mengawali setor berkas ke KPU di Kota Depok.
 
Pihaknya berharap, para pengurus parpol di tingkat daerah, khususnya Kota Depok segera menyerahkan berkas ke KPU Kota Depok. Agar data yang masuk tersebut bisa segera dicocokkan dengan data yang sudah diinput ke dalam SIPOL. Sebab waktu yang tersedia hanya sampai 16 Oktober 2017 tepat pukul 24.00.
 
Dari pantauan wartawan publicapos.com, proses pencocokan berkas masih berjalan. Terhitung mulai pukul 09.30 hingga berita ini diturunkan.
 


Berlaku Mulai Pukul 14.00 Hingga 23.00 Hari Ini, Bus TransJakarta Tujuan Balai Kota Gratis

Karangan Bunga Ahok-Djarot Dipindahkan dari Balaikota

Ketua DPD Nasdem Kota Depok Optimis Berkas Diterima