Foto : Ilustrasi (ist)

Perayaan #NoBraDay, Siapa Pencetus Hari Tanpa Beha Se-dunia?

Ind | Jumat , 13 Oktober 2017 - 15:07 WIB

Publicapos.com- `No Bra Day` atau hari tanpa menggunakan beha diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Banyak akun pengguna media sosial di sejumlah negara di dunia yang menyertakan tagar #nobraday.

No Bra Day dirayakan beberapa negara, para wanita beramai-ramai melepaskan beha mereka selama sehari. Peringatan `No Bra Day` memang cukup mengundang kontroversial. Namun perlu diketahui, peringatan sehari tanpa menggunakan kutang ini bukan gerakan pornoaksi.

Di balik itu, `No Bra Day` adalah gerakan untuk kesadaran akan kanker payudara atau Breast Cancer Awareness sedunia. Oktober sendiri memang merupakan bulan kesadaran kanker payudara.

Sejauh ini, tidak diketahui pasti siapa yang pertama kali mencetuskan ide `No Bra Day`. Namun, seperti dilansir tirto.id, ada yang berpendapat bahwa hal ini terinspirasi dari kampanye ahli bedah plastik yang berpraktik di Toronto, Kanada, Dr. Mitchell Brown pada 2011 lalu.

Brown menginisiasi BRA (Breast Reconstruction Awareness) Day yang bertujuan mengedukasi pasien tentang mastektomi, operasi pengangkatan payudara yang salah satunya bertujuan mencegah berkembangnya kanker payudara, dan pilihan untuk merekonstruksi payudara.

Saat itu, tanggal 18 dipilih sebagai BRA Day. Tiga tahun setelah BRA Day diinisiasi, kampanye ini menyebar ke lebih dari 30 negara.


Perkenalkan Ryoko Nakaoka, Pemilik Payudara Terindah Seantero Jepang

Inilah 6 Manfaat Wortel Bagi Tubuh Anda

Kecambah juga bisa cegah kanker, Tak hanya bikin subur