Foto : Istimewa

MPR RI Gelar Dialog Kebangsaan Soal Sistem Pembangunan Model GBHN

Rhr | Jumat , 13 Oktober 2017 - 15:35 WIB

Publicapos.com - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar dialog kebangsaan dengan tema Reformulasi Sistem Perencanaan Model GBHN, Rabu, 10 Oktober 2017, di Lobby Nusantara V, Kompleks MPR, DPR dan DPD, Senayan, Jakarta.
 
Dialog ini menghadirkan Dr. Deding Ishak SH, MM sebagai Pimpinan Fraksi Partai Golkar MPR RI dan DR Margarito Kamis, Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI.
 
Menurut Deding, reformulasi Sistem Perencanaan Model GBHN perlu dilakukan karena presiden memiliki misi untuk kelanjutan pembangunan yang ternyata pada pelaksanaan antara kebijakan pusat dan daerah tidak selaras. 
 
“Kita jelas kehilangan kompas dan pedoman, padahal kita membangun secara keseluruhan, yang harus didukung oleh kebijakan selaras antara pusat dan daerah,” katanya.
 
Senada dengan Dading, Margarito Kamis juga mengatakan dalam kenyataannya ada perbedaan luar biasa antara pusat dan daerah bahkan antara sesama daerah. 
 
“Seharus definisi dibuat bersama, masalahnya ada kesulitan melinierkan kebijakan antara pusat dan daerah. Karena presiden dari partai PDI Perjuangan, sementara kepala daerah dari partai lain. Kalau ada satu pedoman maka akan selaras,” ujarnya.
 
Kehadiran kembali GBHN saat ini dipandang sangat penting dan mendesak oleh sebagian besar masyarakat, agar arah pembangunan nasional dapat terus berjalan secara berkesinambungan tanpa periodesiasi kepemimpinan nasional untuk sinkronisasi pembangunan antara pusat dan daerah. (rhr)


Anggota DPR RI Apresiasi Pembangunan di Toba Samosir

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, SPD Ajak Masyarakat Amalkan Budaya dan Pancasila

Memprihatikan, RDP dengan Jasa Marga dan Perbankan Hanya Dihadiri 9 Anggota Komisi VI