Foto : Istimewa

Rakor Gubernur se-Sumatera Deklarasikan Pembangunan Ekonomi Hijau yang Berkelanjutan

Rhr | Jumat , 13 Oktober 2017 - 15:45 WIB

Publicapos.com - Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Sumatera 2017 yang digelar pada 8-10 Oktober 2017 di Jambi menghasilkan 10 kesepakatan bersama tentang kerjasama pembangunan antarprovinsi di Sumatera.
 
Berikut kesepakatan yang diambil, di antaranya:
 
Kesepakatan itu pertama yakni mendukung pembangunan dan pengembangan konektivitas antardaerah serta mendesak pemerintah pusat untuk melakukan percepatan infrastruktur, jaringan kereta api lintas Sumatera, dan jalan tol lintas Sumatera.
 
Kesepakatan kedua yakni mendeklarasikan pembangunan ekonomi hijau dan berkelanjutan Pulau Sumatera. Ketiga mendukung penetapan bandara logistik mitigasi bencana Pulau Sumatera.
 
Keempat mendorong Forum Gubernur se-Wilayah Sumatera menjadi agenda dalam tahapan dan mekanisme perencanaan pembangunan nasional yang dikoordinir oleh Bappenas, Kemendagri dan Kemenkeu.
 
Kelima mendesak pemerintah pusat untuk menyusun ulang formulasi penghitungan DAU untuk wilayah 10 provinsi di Sumatera dan ke-enam menyelesaikan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).
 
Kemudian kesepakatan ketujuh mendorong pembangunan bidang kepariwisataan se-wilayah Sumatera dan ke-delapan memperkuat sumber daya manusia dan menumbuhkan daya inovatif masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
 
Selanjutnya kesepakatan ke-sembilan yakni mendorong percepatan pembangunan Science park dan Techno park di seluruh Provinsi se-Sumatera dengan dukungan Pemerintah Pusat.
 
Terakhir memperkuat kerja sama lintas wilayah dan lintas sektor untuk pencegahan dan penanggulangan human trafficking (perdagangan orang), narkoba dan pornografi. (rhr)


Video Gubernur Sulbar Salah Baca Urutan Pancasila Jadi Viral

Gubsu: Membangun Budaya Literasi Merupakan Kerja Jangka Panjang

Begal Marak di Medan, KMSU Jakarta: Kami Merasa Prihatin atas Kejadian Itu