Foto : Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Istimewa)

Kiai Tim 9 Jatim Usulkan 8 Nama Calon Dampingi Khofifah di Pilgub

kis | Jumat , 20 Oktober 2017 - 14:11 WIB

Publicapos.com - Sejumlah Kiai di Jatim ternyata menaruh dukungan atas majunya Khofifah pada kontestasi Pemilihan Gubernur Jatim 2018 mendatang. Bahkan, para kiai yang menamakan diri Tim 9 merekomendasikan delapan nama sebagai calon pendamping Khofifah Indar Parawansa dalam menghadapi Pilgub.
 
Rekomendasi itu dikeluarkan setelah para kiai bertemu di kediaman pengasuh Pesantren Amanatul Ummah, Kiai Asep Saifudin Chalim di Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Kamis (19/10). Kiai yang hadir dalam pertemuan tertutup itu diantaranya, KH Sholahudin Wahid, KH Afifudin Muhajir Situbondo, KH Suyuti Thoha Banyuwangi, dan Fathoni Tulungagung.
 
Namun, Kiai Asep masih merahasiakan nama delapan kandidat tersebut. Dia hanya menjelaskan bahwa Kiai Tim 9 akan menyurvei terlebih dahulu delapan tokoh tersebut.
 
"Kami membutuhkan waktu satu sampai dua minggu untuk menentukan delapan kandidat tersebut dan yang pasti pertengahan bulan November atau sebelum tanggal 15 November kami sudah menyodorkan delapan tokoh itu kepada bu Khofifah," katanya.
 
"Kami akan menyodorkan kepada bu Khofifah delapan kandidat pendampingnya. Selanjutnya bu Khofifah yang akan menentukan siapa calon yang pas untuk mendampinginya jadi calon wakil Gubernur Jawa Timur," tutur Kiai Asep.
 
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, deklarasi pencalonannya di ajang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 akan dilakukan waktu dekat.
 
"As soon as possible," ujarnya, Rabu (18/10).
 
Khofifah mengatakan, saat ini dirinya belum bisa memberikan waktu pasti sebab masih berkoordinasi dengan partai politik dan pihak lainnya.
 
Saat ini, Khofifah telah mengantongi restu sejumlah partai politik diantaranya, NasDem dan Golkar. Hanura dan PPP juga disebut-sebut akan mengusungnya. Sementara Partai Demokrat kemungkinan juga akan memberikan dukungan kepada Khofifah.


Digadang-Gadang Maju di Pilgub Sumut, Ara: Pak Djarot Kan Sudah Terbukti

NasDem, PKB dan PPP Usung Nama Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar

Zulkifli Hasan Temui Gus Sholah: Siapa Jagoan PAN, Khofifah atau Gus Ipul?