Foto : Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

Developing D-8, Wapres Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Kedamaian

rhr | Minggu , 22 Oktober 2017 - 01:41 WIB

Publicapos.com - Peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia di negara-negara berkembang hanya akan tercapai bila perdamaian dan keamanan hadir dalam kehidupan masyarakat.

Demikian dijelaskan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sesi pertemuan para pemimpin KTT negara-negara berkembang (Developing 8/D-8) di Istanbul, Turki, Jumat (20/10/2017) kemarin.

"Perdamaian syarat untuk pembangunan dan perdamaian hanya akan berkelanjutan dengan pembangunan," kata Wapres.

Ia mengusulkkan tiga hal penting yang perlu terus didorong di masa depan untuk meningkatkan taraf perekonomian dan kesejehateraan negara-negara anggota. Hal ini sesuai dengan upaya kerjasama D-8 yang didirikan 20 tahun lalu di kota yang sama.

"20 tahun lalu kerja sama kita didirikan untuk meningkatkan posisi negara-negara berkembang Muslim di dalam ekonomi global," jelasnya.

Pertama dengan membangun kerja sama yang lebih kuat antara D-8 dengan sektor swasta. Hal ini mengingat ada keterkaitan yang kuat anatara perekonomian dengan sektor swasta.

Kedua, memperkuat kerja sama sektor maritim sebagai sektor yang penting bagi perdagangan. Untuk itu, perlu mempromosikan dan meningkatan kolaborasi di bidang kerja sama maritim.

Ketiga, Wapres mengusulkan untuk mempromosikan kerja sama Selatan-Selatan guna mengembangkan peluang ekonomi dalam organisasi D-8.

KTT D-8 di kota sufi tersebut berlangsung 19-20 Oktober 2017 dan dihadiri oleh delapan pemimpin negara anggota, serta dua delegasi negara non anggota Azerbaizan dan Guinea serta tujuh organisasi lainnya. (rhr)


Mantan Presiden Irak Jalal Talabani Meninggal di Usia 83 Tahun

Paspampres Duterte Tewas Melalui Tembakan Misterius

Halimah Yacob Ternyata Perempuan Muslimah yang Jadi Presiden Singapura