Foto : Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi

Kemenpora Akan Bekali 1000 Pemuda Jadi Pelopor Pertanian Organik

rhr | Minggu , 22 Oktober 2017 - 02:24 WIB

Publicapos.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melahirkan program 1000 kader pemudapelopor pertanian organik (pertanian alami) di seluruh Indonesia. Persebaran program pada tahun ini dilaksanakan di sembilan Propinsi.

Di antaranya Lampung, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Dalam hal ini, Kemenpora menggandeng organisasi Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) untuk mewujudkan kesuksesan program tersebut. Demikian penjelasan Ketua Umum Gema Desantara, Jaelani, di Jakarta, Jumat (20/10/2017) lalu.

Ia mengatakan, dalam kurun dua puluh hingga tiga puluh tahun ke depan, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, sehingga perlu kiranya membekali pemuda dengan beberapa fokus keilmuan, salah satunya dibidang pertanian.

“Di Indonesia Pemuda yang berumur 20 hingga 40 tahun mencapai 24,3%. Oleh sebab itu kita harus bersyukur dan memanfaatkannya. Perubahan itu bisa terjadi di tangan pemuda dan Program Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Organik adalah salah satu jalannya," kata Jaelani.

Menurut Jaelani, prinsip utama dari pertanian alami adalah memahami bahwa negeri ini dibangun dari kearifan diberbagai aspek, termasuk pertanian. Banyak tradisi pertanian telah ditinggalkan oleh para petani, sehingga tidak lagi mempertimbangkan aspek lingkungan termasuk aspek kearifan lokal.

“Sistem ini menggunakan bahan alami. Contoh, dalam membuat pupuk akan digunakan Nutrisi dan Mikroba sebagai bahan dasarnya. Selain itu juga mendorong budaya gotong royong dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Para pemuda nantinya akan dilatih dalam memproduksi Nutrisi pengganti pupuk, pola tanam dan pemeliharaan tanaman sampai panen, serta mendorong kemampuan mengorganisasi tani menjadi komunitas yang mandiri, memiliki hasil produksi tani yang baik serta berdaya saing. (rhr)
 


Survei Populi Center, Kemenpora Urutan 5 Dari 10 Kementerian Berprestasi

Kesuksesan Asian Games, Puan: Sesuai Perpres 95/2017, Semua Pihak Harus Bersinergis

Soal Dana Desa, Peran Pemuda Dinantikan Jadi Penggerak Pembangunan Desa

Kota Layak Pemuda, Menpora Dorong Sejumlah Daerah Gali Potensi Pemuda