Foto : Logo Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

LIPI: Gunakan Dongeng Untuk Bangun Karakter Bangsa

rhr | Kamis , 26 Oktober 2017 - 12:09 WIB

Publicapos.com - Pelaksana Tugas Deputi Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI) Mego Pinandito mengatakan dongeng bisa menjadi sarana pengamanan dan perlindungan warisan budaya yang ada di Indonesia. Dalam dongeng juga terkadang menyajikan cerita-cerita bernilai sejarah yang tidak ternilai oleh uang.

"Ada pula bagaimana menumbuhkan nasionalisme dikalangan generasi muda serta penggunaan dongeng sebagai media nilai-nilai budaya yang dapat digunakan untuk membangun karakter bangsa," katanya.

Ia juga menilai, Indonesia saat ini memiliki warisan budaya yang sangat bernilai dan perlu dilestarikan. Perannya sangat penting untuk perkembangan pengetahuan dari generasi ke generasi. Nilai-nilai budaya di dalamnya akan membuktikan suatu bangsa memiliki harkat dan martabat yang baik.

Salah satu cara melesatarikan budaya bangsa, lanjut dia, bisa ditempuh dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam warisan budaya tulis melalui dunia pendidikan.

Dia mengatakan dengan pencatatan tulis yang baik maka warisan budaya dapat terdokumentasikan dan dapat dipelajari oleh generasi masa kini dan masa mendatang.

"MOW sebagai Ingatan Kolektif Dunia yang berperan penting dalam sejarah umat manusia sebagai pengingat agar mereka sadar akan keberadaannya dengan segala peristiwa yang dialaminya. Hal ini berkaitan dengan aktualisasi nilai-nilai kebangsaan melalui warisan budaya dengan tujuan untuk penguatan karakter generasi muda," katanya. (rhr)


Dinobatkan Sebagai Wisata Selam, Gourlay: Indonesia Terbaik Wisata Bawah Laut

Larangan Sepeda Motor di Sudirman-Thamrin Bakal Dicabut

Ayo Dongeng Indonesia, Andien: Imajinasi Setiap Anak Berbeda-Beda

Mahfud MD: Alhamdulillah Presiden Akan Berikan Gelar Pahlawan Kepada Lafran Pane