Foto : Menpora RI Bersama Sejumlah Kepala Daerah yang Menerima Penghargaan Kota Layak Pemuda. (Istimewa)

Kota Layak Pemuda, Menpora Dorong Sejumlah Daerah Gali Potensi Pemuda

rhr | Senin , 30 Oktober 2017 - 13:00 WIB

Publicapos.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memilih 10 kabupaten dan kota yang dinobatkan mampu memberi ruang serta berkemauan menggali potensi para pemuda. Menpora Imam Nahrawi berharap penghargaan tersebut dapat memicu kota-kota lainnya untuk melakukan hal serupa.

Ia mengatakan, penganugerahan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mendorong agar kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, baik berbentuk regulasi, anggaran, infrastruktur dapat terwujud secara nyata dan terbuka.

"Sehingga kita semua sebagai penanggungjawab kepemudaan, dapat betul-betul mengantarkan pemuda yang memiliki kemauan untuk mengeksplorasi segala potensi yang dimilikinya," ujar Menpora saat Malam penghargaan Anugerah Kabupatan/Kota Layak Pemuda 2017 di Padang, Sabtu (28/10/2017).

Penilaian yang dilakukan untuk memilih kota layak pemuda tersebut, ujarnya, dilaksanakan oleh tim independen dengan memperhatikan berbagai aspek yaitu bagaimana peran dan kesungguhan kota maupun kabupaten dalam menggali potensi pemudanya.

Salah satunya yaitu adanya peraturan daerah, regulasi-regulasi yang memberikan porsi luas bagi pemuda, anggaran dan berbagai fasilitas yang diberikan dalam rangka menunjang dalam mengembangkan kemampuan pemuda tersebut.

"Kemudian adanya momentum-momentum yang diberikan oleh pemerintah daerah yang memungkinkan pemuda memamerkan hasil karyanya," tambahnya.

Program yang dijalankan oleh pemerintah, kata dia, sebaiknya melibatkan pemuda sebagai aktor bukan sebagai subjek, dimana pemuda memiliki andil dan peran aktif dalam rangka menyukseskan program tersebut.

Selain Padang, delapan kota lain menjadi penerima Anugerah Kabupaten/Kota Layak Pemuda 2017, yakni Bandung, Jawa Barat, Jakarta Utara (DKI Jakarta), Makassar (Sulawesi Selatan), Tangerang (Banten), Ternate (Maluku Utara), Banda Aceh (Aceh), Pontianak (Kalimantan Barat) dan Tangerang Selatan (Banten). (rhr)


Survei Populi Center, Kemenpora Urutan 5 Dari 10 Kementerian Berprestasi

Kesuksesan Asian Games, Puan: Sesuai Perpres 95/2017, Semua Pihak Harus Bersinergis

Kemenpora Akan Bekali 1000 Pemuda Jadi Pelopor Pertanian Organik