Foto : Ketua DPR Setya Novanto. (Istimewa)

Berawal dari Iseng, Nasib Pembuat Meme Setya Novanto Berujung Pidana

kis  | Kamis , 02 November 2017 - 11:56 WIB

Publicapos.com - Nasib pembuat meme Setya Novanto bernasib sial. Seperti Dyan Kemala Arrizzqi (29) yang ditetapkan tersangka atas dugaan pencemaran nama baik dan fitnah terhadap Ketua DPR Setya Novanto.
 
Dyan dijerat dengan Pasal 27 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) serta Pasal 310 dan 311 KUHP.
 
Sebelumnya dia diduga menyebar meme Novanto saat sakit. Kala itu, foto Novanto yang tengah mengenakan masker alat bantu tidur tersebar melalui media sosial.
 
Ia mengunggah beberapa meme melalui akun Instagram-nya pada 7 Oktober. Melalui kuasa hukumnya, Novanto melaporkan Dyan ke polisi pada 10 Oktober 2017.
 
Salah satu meme yang disebar Dyan melalui akun media sosial Instagram adalah foto Novanto yang dibuat mirip karakter Bane dalam film The Dark Knight Rises yang juga menggunakan masker.
 
Dia ditangkap di rumahnya di Perumahan Duta Garden, Tangerang, Selasa (31/10/2017) pukul 22.00.
 
Barang bukti yang disita saat penangkapan berupa 1 tablet Samsung warna hitam abu-abu, 1 SIM card Simpati No 0822 72418602, dan 1 memori card merek Vigen dengan kapasitas 32 GB.
 
Sementara itu, Kuasa hukum Setya Novanto Fredrich Yunadi memperlihatkan Meme Setya Novanto yang menjadi bahan laporan pencemaran nama baik kliennya ke Mabes Polri
 
Diketahui Dyan ternyata kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu dibenarkan Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.
 
"Dyan tercatat sebagai anggota PSI di Tangerang, bukan pengurus. Kami berharap dia mendapat keadilan," kata Toni melalui pesan singkat, Rabu.
 
Toni mengatakan, PSI turut memberikan pendampingan kepada Dyann selama diperiksa polisi.
 
Kasubdit II Cyber Bareskrim Polri Komisaris Besar Asep Safrudin mengatakan, motif penyebar meme Ketua DPR Setya Novanto yang tengah memakai masker alat bantu di Rumah Sakit Premier Jatinegara sekadar iseng.
 
"Menurut keterangan yang bersangkutan hanya iseng, kemudian hanya main-main," kata Arif di Kantor Bareskrim Polri, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Namun, Arif mengatakan, polisi tetap akan mendalami motif sesungguhnya Dyan mengunggah dan menyebarkan sejumlah meme Novanto.
 
Menurut dia, bisa saja ada motif terselubung.
 
Selain itu, polisi juga masih memburu pembuat meme Setya Novanto dengan segala macamnya dan telah disebarkan melalui berbagai media sosial 


Cerita 1 NIK Dipakai untuk Registrasi 2,2 Juta Nomor Kartu Seluler Prabayar

Terima Suap 300 hingga 350 Juta, 38 Anggota DPRD Sumut Resmi Jadi Tersangka Korupsi

Kasus E-Ktp: Andi Narogong Sebut Ada Jatah Rp 250 M Untuk DPR

Setya Novanto Kembali Jadi Tersangka Kasus E-KTP