Foto : Anggota Komisi X DPR RI, Dapil Sumut I, Sofyan Tan

Pariwisata Sumut, Pemerintah Anggarkan Ratusan Juta Bangun Desa Adat Budaya

rhr | Jumat , 03 November 2017 - 10:05 WIB

Publicapos.com - Industri pariwisata di Indonesia sudah terbangun dengan baik yang akan menghasilkan pendapatan yang besar bagi daerah. Contohnya Sumatera Utara, Kabupaten Deliserdang, dinilai cukup seksi yang memiliki cukup banyak potensi, seperti objek wisata, pertanian, kelautan dan wilayah yang cukup luas

Demikian penjelasan Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan, pada acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, di Taman Buah Lubukpakam, Deliserdang, Kamis (2/11/2017) kemarin. Sofyan Tan akan ikut mendorong kemajuan parawisata di daerah itu.

"Deliserdang kan sudah memiliki aksesnya, jadi tinggal bagaimana memanfaatkannya. Sehingga wisatawan bukan saja datang ke Danau Toba, tapi singgah dulu ke Deliserdang," kata Sofyan Tan.

Katanya, kalau Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, maka Deliserdang juga harus jeli memanfaatkannya dengan semakin gencar mempromosikan objek wisatanya. Sebab, Bandara Kualanamu dan jalan tol juga berada di Deliserdang.

"Nah, potensi ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah. Termasuk membangun dan terus menggali potensi parawisatanya. Saya yakin, dengan potensi yang ada ini, maka Deliserdang akan menjadi salah satu kabupaten termegah di Indonesia. Ini lah seksi nya Deliserdang," bebernya.

Dijelaskan Sofyan Tan, tahun anggaran 2018 pemerintah akan menganggarkan Rp 500 juta bagi daerah yang akan membangun desa adat budaya. Tujuannya agar wisatawan manca negara tertarik mengunjungi derah itu.

"Nah, di Kabupaten Deliserdang nantinya memiliki desa adat budaya, sampaikan kepada Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kita dari Komisi X DPR RI siap untuk mengawalnya," papar politisi PDI-P Sumut ini. (rhr)


Kunjungi Kepulauan Nias, Komisi IX: Diharap Pemerintah Berikan Perhatian Lebih

DPR: Angkat Honorer Penyuluh Perikanan Jadi PNS

Kebijakan "Full Day School" Belum Tepat