Foto : Dongeng Malim Kundang

Ayo Dongeng Indonesia, Andien: Imajinasi Setiap Anak Berbeda-Beda

rhr | Senin , 06 November 2017 - 04:08 WIB

Publicapos.com - Penyanyi Andini Aisyah Hariadi alias Andien menjadi salah satu pendongeng tamu dalam Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) 2017 yang digelar Komunitas Ayo Dongeng Indonesia (AyoDI) pada 4-5 November 2017 di gedung Perpustakaan Nasional RI.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan, anak-anak membutuhkan dongeng demi membangkitkan imajinasi dan kreativitas mereka. Hal ini penting, karena, setiap anak memiliki impian dan mimpi masing-masing.

"Anak butuh dongeng karena membangkitkan imajinasi dan kreativitas. Imajinasi setiap anak tentunya berbeda-beda," ujar Andien.

Andien mengaku untuk pertama kali mendongeng di depan orang banyak. Dongeng yang ia bawakan berjudul Kawa Si Nanas Jabrik. Ia juga mengaku, sering mendongeng selagi menidurkan anak semata wayangnya, Kawa.

"Ini pertama kali mendongeng, keringetan rupanya ya, sama seperti nyanyi," ujar Andien yang mengaku dongeng secara spontan tanpa latihan.

Ia mengatakan, menyukai dongeng baik dongeng tradisional seperti Si Kancil maupun dongeng luar karya Hans Christian Andersen seperti Gadis Kecil dan Korek Api.

FDII 2017 mengangkat tema #CeritaAjaib yang melibatkan 50 pendongeng dari dalam dan luar negeri. Sejumlah pendongeng internasional dari berbagai negara diagendakan akan hadir, antara lain Kiran Shah (Singapura), Seung Ah Kim (Korea Selatan), Craig Jenkins (Inggris), Tanya Batt (Selandia Baru) dan Uncle Fat (Taiwan). (rhr)


LIPI: Gunakan Dongeng Untuk Bangun Karakter Bangsa