Foto : Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), Moh. Isom. Yusqi (Istimewa)

Kemenag Gelontorkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Asal Daerah 3T, Daftar Segera!

kis  | Jumat , 10 November 2017 - 18:54 WIB

Publicapos.com - Kondisi geografis, ketertinggalan pengembangan infrastruktur daerah, dan atau keterbatasan kemampuan sosial ekonomi adalah realitas faktual. Namun jangan sampai berbagai faktor itu jadi penghambat dalam menikmati bangku pendidikan tinggi.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Sesditjen Pendis), Moh. Isom. Yusqi, di ruang kerjanya (10/11/2017).
 
“Kementerian Agama memiliki keberpihakan terhadap calon mahasiswa yang berada di wilayah 3T; tertinggal, terdepan, dan terluar dengan memberikan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Islam (ADIKTIS) bagi Putera Puteri Daerah 3T, untuk memperluas akses dan meningkatkan kualitas generasi bangsa,” tegasnya. 
 
Untuk kepentingan Beasiswa ADIKTIS Daerah 3T ini lanjut Sesditjen, Direktorat Jenderal pedidikan  Islam selaku leading sector program, telah bekerjasama dengan 8 (delapan) Perguruan Tinggi Agama Islam di nusantara sbg sasaran studi.
 
“Diktis membuka seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendaftar dan bergabung dalam beasiswa ADIKTIS untuk program studi/jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Tunas Bangsa, Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI Rasyidiah Khalidiah-Amuntai Kalimantan Selatan, STAI Kuala Kapuas - Kalimantan Tengah, dan STIT Raden Santri – Gresik, Jawa Timur," bebernya.
 
"Sedangkan untuk jurusan Akhwalul Syakhsiyah di kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Iman – Parung Bogor, Jawa Barat dan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia – DKI Jakarta. Jurusan Sastra Arab hanya di STI Bahasa Arab Darul Ulum – Banyuanyar Pamekasan, Madura. Dan untuk jurusan Ilmu Tafsir di STAI Al Anwar – Sarang Rembang, Jawa Tengah,” tambah guru besar IAIN Ternate.
 
Disamping telah lulus MA/SMA, memiliki prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu, menurut catatan Diktis, syarat agar bisa mendaftar beasiswa ADIKTIS ini adalah usia maksimal 24 tahun dan bersedia tinggal di asrama atau pondok pesantren kampus tempat belajar. 
 
Syafriaansyah Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Diktis mengatakan Pendaftaran Beasiswa ADIKTIS telah dibuka pada 7 – 16 November 2017. Tes seleksinya 17 November dan akan diumumkan hasilnya pada 20 November. Orientasi Penerima Adiktis 23-24 November dan diakhiri dengan masa perkuliahan yang dimulai 27 November 2017.
 
Syafri berharap agar anak-anak di daerah 3T mendapatkan kesempatan yg sama dg anak bangsa lain mengenyam pendidikan tinggi.
 
Pada waktu yang bersamaan, Kepala Seksi Kemahasiswaan Diktis, Ruchman Basori mengatakan Beasiswa ADIKTIS Daerah 3T ini akan mencover living cost, biaya kuliah full serta pembinaan selama 4 tahun masa studi. “Silahkan mendaftar di Perguruan Tinggi setempat atau melalui Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan  DIKTIS Ditjen Pendis Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta lantai VII. Atau Informasi ke saya langsung di 08588-3211-660,” kata Ruchman yang telah berpengalaman menangani Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). 
 
Silahkan Download:
Pengumuman Beasiswa ADIKTIS 2017
Daftar Daetah 3T


Kemenag Matangkan Persiapan AICIS di Serpong

Kementerian Agama Gelontorkan Dana Rp 4 Miliar untuk Lembaga Kemahasiswaan

Rektor IAIN Metro Lampung: Ketrampilan Memimpin dan Mengelola Organisasi Perlu!