Foto : Asisten Deputi Kepemudaan Bidang Iptek dan Imtaq Kemenpora, Esa Sukam Wijaya Bersama Pemuka Agama di Serang, Banten

KPN Baca Kitab, Kemenpora: Semoga Dapat Tingkatkan Toleransi Antarumat Beragama

rhr | Rabu , 22 November 2017 - 06:27 WIB

Publicapos.com - Memasuki titik ke-16 di Kota Cilegon, Provinsi Banten, peserta Kirab Pemuda Nusantara (KPN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar sejumlah kegiatan, seperti Parade Budaya, Olahraga, Baksos dan Pemutaran Film Pendek.

Selain di Cilegon, para peserta kirab juga menyempatkan datang ke Kabupaten Serang untuk melakukan kegiatan Membaca Kitab Suci di Gor Maulana Yusuf, ALun-Alun Serang, Selasa (21/11/2017) sore yang diikuti oleh beberapa agama.

Hadir pada kesempatan itu Asisten Deputi Kepemudaan Bidang Iptek dan Imtaq Kemenpora, Esa Sukam Wijaya, perwakilan Dispora Banten, H. Yusuf Shofi, pejabat Kabupaten Serang, pemuka agama, perwakilan OKP, dan ratusan pelajar lintas agama.

Esa Sukma berterimakasih kepada pihak penyelenggara karena bisa mendatangkan enam agama ke tempat itu. Kegiatan membaca kitab suci tersebut, jelasnya, baru pertama kali dilaksanakan di Banten.

"Kami atas nama Kemenpora mengucapkan terimakasih dan apresiasi karena tidak semua provinsi mengadakan acara ini dengan enam agama yang berbeda, di tempat lain ada yang hanya tiga atau empat agama. Ini luar biasa untuk Banten," kata Esa.

Dia beresan kepada para pemuka agama untuk berjiwa muda agar bisa menginspirasi para pemuda Banten, khususnya di Kabupaten Serang untuk bisa meningkatkan toleransi antarumat beragama dalam berbagai kehidupan.
 
"Bukan hanya dalam hal membaca kita suci tapi juga kegiatan ibadah lainnya. Agama, akidah, dan keyakinan boleh berbeda namun demikian menghormati kebhinnekaan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Selain pemuda Banten, Esa juga berpesan kepada para peserta KPN untuk tetap semangat menjalankan amanah Kemenpora hingga batas waktu yang telah ditentukan.

"Kami salut kepada anda sekalian, karena telah mengelilingi 34 provinsi. Setelah dari Serang, anda akan kirab ke titik selanjutnya hingga ke Kabupaten Blitar. Kami doakan semoga sehat selalu dan selamat sampai tujuan," tandasnya. (rhr)


Peserta Kirab Pemuda Beri Motivasi Ratusan Santri Al-Ittifaq di Ogan Ilir