Foto : PARA JUARA KOMPETISI PERS MAHASISWA PTKI DIANUGERAH APRESIASI PENDIDIKAN ISLAM 2017

Inilah Juara Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI!

mth | Sabtu , 25 November 2017 - 14:25 WIB

 
Publicapos.com - Delapan media kampus ditetapkan sebagai juara dalam ajang Kompetisi Pers Mahasiswa Tingkat Nasional yang digelar oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI dan mendapatkan Anugerah Apresiasi Pendidikan Islam Tahun 2017, Kamis (23/11) di ICE BSD Serpong Tangerang Selatan. 
 
Majalah yang diterbitkan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Nurul Jadid (UNUJA), Paiton, Probolinggo, berhasil terpilih sebagai Media Platform Cetak Terbaik dan Media Online Terbaik diraih oleh www.suakaonline LPM UIN Sunan Gunungjati Bandung.
 
Ada dua kategori yang dikompetisikan. Pertama, kategori Media Platform yang terdiri dari Media Cetak dan Media Online. Kategori kedua adalah kategori Karya Jurnalistik, diantaranya: In Depth News, Feuture, Opini, Foto Jurnalistik, Disain visual (Cover/Layout/Tata Wajah) dan Kartun Opini.
 
Imam Safei Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam merasa bangga dengan geliat dan prestasi yang diraih oleh lembaga pers mahasiswa. “kompetisi ini adalah ajang strategis menunjukan kualitas dalam pengelolaan media, konsistensi terbit dan komitmen kuat aktivis pers kampus PTKI” katanya. 
 
Secara berurutan Pemenang Kompetisi Majalah Mahasiswa PTKI se-Indonesia adalah:
 
Media Platform Cetak: Al Fikr IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Juara 1), Justisia FSH UIN Walisongo (Juara II), Arena UIN Jogjakarta (Juara III), dan untuk juara harapan adalah SUAKA UIN Bandung, INSTITUT UIN Jakarta dan MISSI Fakultas Dakwah UIN Walisongo.
 
Media Platform Online: www.suakaonline LPM UIN Sunan Gnungjati Bandung (Juara 1), lpminstitut.com UIN Jakarta (Juara II), www.parist.id STAIN Kudus (Juara III), dan untuk juara harapan adalah www.gagasanonline.com UIN Pekanbaru Riau, www.lpmedukasi.com UIN Walisongo dan uapminovasi.com UIN Malang.
 
Sedangkan untuk katagori Karya Jurnalistik In Depth News diraih oleh Wulan D. Agustina LPM Arena UIN Jogjakarta “Hikayat Pondok Waris” (Juara I), Mohammad Yazid Abdullah LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Probolinggo “Menjaga Kebhinekaan di Jagat Raya (Juara II), dan Atik Zliati LPM Institit UIN Jakarta “Denda Buku Perpustakaan Melenceng”. 
 
Karya Jurnalistik Features diraih oleh Arwin LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Probolinggo “Beratnya Menggapai Emansipasi” (Juara I), Nolis Sholihah LPM Suaka UIN Bandung “Saat Pasar Melirik Labek Halal” (Juara II), dan Siti Fatihatul Ulfa LPM IDEA FU UIN Walisongo“Suara Rakyat Dari Kendeng. Karya Jurnalistik Opini diraih oleh Faqih Mansur Hidayat LPM Paraigma STAIN Kudus “Kisah Getir Pengendali Banjir” (Juara I), Naharin LPM Dimensi IAIN Tulungagung “Toleransi Setengah-Setengah” (Juara II), dan Jawahir LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo “Gerbang Utama Pemersatu Agama Islam di Pulau Seribu Pura”. 
 
Karya Jurnalistik Foto Jurnalistik diraih oleh Rahmat Hidayat INSTITUT UIN Jakarta “Beribadah” (Juara I), Diah Permata Risna Mustikasari LPM Al Millah IAIN Ponorogo “Berat Di Punggung untuk Rupiah digenggaman” (Juara II), dan Senda Hardika Prasasti N LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo “Ketika Pesantren Mengutuk Korupsi”. Karya Jurnalistik Disain Visual diraih oleh Zainul Hasan Rizkiansyah LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo “Awas Bayang-Bayang Khilafah” (Juara I), Ismail Abdurrahman Azizi LPM Suaka UIN Bandung “UIN Gelap” (Juara II), dan Agus Teriyana LPM Arena UIN Jogjakarta “Gerakan Mahasiswa Ramai Tapi Sepele”.
 
Karya Jurnalistik Kartun Opini diraih oleh Sholehudin LPM Al Fikr IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo “E-KTP” (Juara I), Mohammad Zainal Abidin LPM Al Millah IAIN Ponorogo “Sing Kerja Sing Nelangsa” (Juara II), dan Ahmad Shodiq LPM Amanat UIN Walisongo “BLU”. Dalam proses kompetisi, sebelumnya, para peserta telah melakukan dua tahap penilaian. Mulai dari pendaftaran sejak 25 Oktober hingga 12 November 2017, seleksi dokumen majalah tanggal 14-16 November 2017 dan tahap kedua melalui persentasi dan wawancara pada tanggal 22-23 November 2017.
 
Adapun Kompetisi yang digelar di Hotel Santika BSD City Serpong Tangerang Selatan yang berlangsung selama tiga hari itu, diikuti oleh 55 Mahasiswa dan 25 finalis media kampus yang berasal dari pelbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia.
 
Bertindak sebagai Dewan Juri adalah Asrori S. Karni dari Majalah Gatra, Abdullah Ibnu Tolhah Kartunis dari Suara Merdeka dan Syukri Rahmatullah Okezone Jakarta. 
 
30 lembaga pers dan insan pers mahasiswa PTKI mendaatkan penghargaan dari Kementerian Agama berupa uang pembinaan dengan total nilai Rp. 109.000.000,-(RB).


Kemenag Gelontorkan Beasiswa Bagi Mahasiswa Asal Daerah 3T, Daftar Segera!

Kementerian Agama Gelontorkan Dana Rp 4 Miliar untuk Lembaga Kemahasiswaan

77 Presiden Mahasiswa Dema PTKI Se-Indonesia Deklarasi Lawan Radikalisme