Foto : Presiden RI Joko Widodo

Presiden Lantik Djoko Setiadi Sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara

rhr | Rabu , 03 Januari 2018 - 16:33 WIB

Publicapos.com - Presiden Joko Widodo melantik Mayjen TNI Djoko Setiadi sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pelantikan dilaksanakan hari ini di Istana Negara. Djoko saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Iya, Djoko Setiadi dilantik (sebagai Kepala BSSN)," kata Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi, Rabu (3/1).

Setelah resmi menjabat sebagai Kepala BSSN, posisinya ini akan membuat Djoko setingkat dengan menteri. Ia akan bertanggungjawab dan melaporkan kinerjanya kepada presiden secara langsung.

Pada 16 Desember 2017 lalu, presiden telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 133 tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang Badan Siber dan Sandi Negara. Perubahan ini merevisi tanggung jawab Kepala BSSN yang sebelumnya berada di bawah Menteri Koordinator Polhukam.

Menurut Jokowi, BSSN merupakan lembaga yang sangat penting dan sangat diperlukan oleh negara. BSSN akan mengantisipasi perkembangan dunia siber yang saat ini tumbuh begitu cepat.

Lembaga ini akan mendeteksi dan mencegah kejahatan siber. Keamanan siber merupakan tanggung jawab BSSN dengan merangkum berbagai unsur yang terkait dengan keamanan siber.