Foto : Ilustrasi (istimewa)

Menyusul Bekasi, Sistem Ganjil-Genap di Tol Tangerang dalam Tahap Persiapan

Jyg | Senin , 02 April 2018 - 21:35 WIB

Publicapos.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memberlakukan sistem ganjil-genap di Tol Tangerang dalam waktu dekat. Sistem tersebut kini tengah dalam tahap persiapan dan koordinasi.

BPTJ mengatakan, sistem ganjil genap tersebut belum diberlakukan. Namun, pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan untuk dapat merealisasikannya. "Sekarang masih belum. Kita lagi tahapan persiapan dan tahapan koordinasi," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Senin (2/4/2018).

Agar penerapan sistem ganjil-genap ini, pihak BPTJ akan mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung seperti bis premium dan juga kantong-kantong parkir sehingga masyarakat mau berpindah ke transportasi massal.

Ia mengungkapkan, selain penerapan ganjil genap di Tol Tangerang, pemerintah juga akan memberlakukan pembatasan kendaraan berat untuk melintas jalur tersebut pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Selain itu, sepanjang jalan tol dari Tangerang hingga Tomang, Jakarta nantinya akan diberlakukan pula jalan khusus untuk angkutan umum atau bus. Jalan khusus tersebut ada di jalur pertama yang berlaku pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Seperti diketahui, pada 12 Maret 2018 penerapan ganjil genap dan pembatasan kendaraan berat telah diberlakukan dari pintu tol Bekasi Timur dan Barat. Langkah tersebut dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang luar biasa di ruas tol tersebut setiap pagi.

Atas kebijakan tersebut, ruas tol dari Bekasi hingga Cawang pada pagi hari kini mulai lancar sehingga waktu tempuh kendaraan dari Bekasi ke Jakarta menjadi lebih singkat.


Tiga Pencuri Spesialis Pembobol Pabrik di Tangerang Diringkus Polisi, Satu Ditembak

Bekasi Rawan Banjir jika Enam DAS di Bekasi Tak Dinormalisasi

Truk Pengangkut Ratusan Kilo Ganja Diamankan Polisi