Foto : Winnie Madikizela-Mandela. (istimewa)

Winnie Madikizela-Mandela, Simbol Perlawanan Anti-Apartheid Meninggal Dunia

Ind | Selasa , 03 April 2018 - 16:37 WIB

Publicapos.com - Winnie Madikizela Mandela, seorang pahlawan perjuangan anti-apartheid di Afrika Selatan yang juga salah satu tokoh yang paling kontroversial, meninggal dunia pada usia 81 tahun. Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Johannesburg setelah lama sakit.

Sebuah pernyataan dari keluarganya mengatakan bahwa Madikizela telah masuk dan keluar rumah sakit sejak awal tahun ini. "Dia beristirahat dengan damai dikelilingi oleh keluarganya dan orang-orang yang dicintai pada Senin (2 April 2018) sore," tulis pernyataan keluarga, seperti dilansir dari The Guardian.

"Nyonya Madikezela-Mandela adalah salah satu ikon terbesar perjuangan melawan apartheid. Dia bertempur dengan gagah berani melawan negara apartheid. Dia mengorbankan hidupnya untuk kebebasan negara dan membantu memberikan perjuangan untuk keadilan di Afrika Selatan," demikian pernyataan tersebut.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya antan istri dari mantan Presiden Afrika Selatan Nelso Mandela itu.  "Sekretaris jenderal berduka atas meninggalnya Winnie Madikizela-Mandela, seorang tokoh pemimpin di garis depan perang melawan Apartheid di Afrika Selatan," kata Stephane Dujarric, Juru Bicara PBB, kepada wartawan.

"Ia adalah suara yang lantang dan tak kenal takut dalam perjuangan bagi hak yang sama dan akan dikenang sebagai lambang perlawanan. Guterres menyampaikan belasungkawanya yang paling dalam kepada rakyat Afrika Selatan dan kepada keluarga Winnie Madikizela-Mandela," kata Dujarric, sebagaimana dikutip Xinhua.

Winnie Madikizela-Mandela meninggal di Johannesburg pada Senin dalam usia 81 tahun. Ia meninggal dengan tenang dan dikelilingi oleh keluarganya setelah lama sakit yang membuat dia masuk dan keluar rumah sakit sejak awal tahun ini, kata keluarganya di dalam satu pernyataan.

Winnie Madikizela-Mandela adalah salah satu lambang paling besar perjuangan melawan Apartheid. Winnie dan mantan suaminya Nelson Mandela sempat dipenjara dalam perlawanannya terhadap apartheid. Perjuangan anti-apartheid mereka berlangsung selama tiga dekade. Namun ia juga berulang kali dituduh terkait kasus kekerasan dan korupsi.


Sempat Viral, Dropbox dan Facebook Hapus Foto-foto Bugil Tentara Wanita AS

Parlemen Yunani akan Setujui Penggunaan Ganja untuk Keperluan Medis

Presiden Harap KTT LB OKI Respon Situasi Palestina di PBB