Foto : Agus Harimurti Yudhoyono. (istimewa)

Soal AHY Maju Capres atau Cawapres, Demokrat Tunggu Perkembangan

Ind/antara | Senin , 09 April 2018 - 15:15 WIB

Publicapos.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan menegaskan, partainya sedang mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berlaga pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. AHY disiapkan sebagai calon presiden atau calon wakil presiden.

"Tentulah semua partai politik menginginkan (capres/cawapres) dari dirinya. Partai Demokrat mempersiapkan mas AHY," kata Hinca di sela acara "Ngopi Bareng SBY" di Angkringan Pendopo Lawas, Yogyakarta, Minggu (8/4/2018) malam kemarin.

Hinca mengklaim lembaga-lembaga survei selama ini telah menempatkan AHY masuk dalam deretan papan atas calon presiden (capres). Namun untuk survei elektabilitas tertinggi hingga Maret 2018, menurut dia, masih menempatkan AHY di posisi calon wakil presiden. "Survei masih berjalan terus sampai Juli. Nanti kita lihat perkembangannya sampai sejauh mana yang bisa didapatkan," kata dia.

Menurut Hinca, guna terus mendongkrak elektabilitasnya, hingga saat ini AHY terus menggencarkan agenda kunjungannya ke berbagai daerah. Demokrat melakukan berbagai tur yang diawali di Pulau Jawa sejak bulan lalu.

"Beliau salah satu putra terbaik bangsa yang ada di Partai Demokrat yang sekarang masih terus bekerja keras keliling Nusantara, (melalui) Tour De Jogja, Tour De Jawa Timur, sebelumnya Tour De Jawa Barat, Tour De Jogja mulai besok, dan dilanjutkan Tour De Jawa Tengah," kata dia.

Kendati mempersiapkan AHY, lanjut Hinca, hingga saat ini Partai Demokrat belum secara resmi menetapan calon presiden maupun calon wakil presiden yang akan diusung pada Pemilu 2019. Partai juga belum menetapkan secara resmi dengan partai mana akan berkoalisi.

"Kami tahu kami tidak bisa sendirian, tetapi kami akan umumkan (partai koalisi) pada waktu yang tepat. Hari ini belum ada, apalagi besok pagi, yang pasti sebelum tanggal 4 sampai 10 Agustus sebelum pendaftaram dibuka atau sebelum ditutup," kata dia.


Siap Lunasi Utang Indonesia, Sam Aliano Ingin Gantikan Jokowi

Usung #2019GantiLegislatif, Ini Target yang Dibidik Partai Berkarya

Hanura Tegaskan Dukungan Terhadap Jokowi di Pilpres 2019

Cak Imin Sebut Join Soedurisme Perpaduan Ideal