Foto : Ilustrasi demo buruh. (istimewa)

1 Juta Buruh akan Kepung Istana Saat May Day, Ini Tuntutanya

Ind | Rabu , 11 April 2018 - 19:30 WIB

Publicapos.com - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan akan melakukan aksi demonstrasi besar-besaran memperingati Hari Buruh yang jatuh setiap 1 Mei. Aksi tersebut setidaknya akan diikuti sekitar satu juta buruh.

Parah buruh dari 25 propinsi dan lebih dari 250 kabupaten kota akan mendatangin Jakarta. Ada pun rinciannya, para buruh akan datang dari wilayah Jabodetabek, Karawang, Purwakarta, Serang, Cilegon.

Selain itu, para buruh juga akan datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, serta 200 ribu buruh dari Sumatra yang menyatakan kesiapannya untuk mendatangi Ibu Kota. "Kita akan melakukan demonstrasi di depan Istana Negara," demikian bunyi siaran Pers yang diterima BerlimaNews di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

"Usai dari Istana, selanjutnya akan bergerak ke Istora Senayan. Di Istora kita akan melakukan deklarasi Capres 2019 yang didukung buruh Indonesia."

Adapun tuntutan yang akan disuarakan yaitu Tritura Buruh plus. Yakni menuntut diturunkannya harga beras, listrik, dan BBM, serta membangun ketahanan pangan dan energi.

Yang kedua, menolak upah murah, dan mencabut cabut PP No 78/2015 tentang Pengupahan, Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Sementara yang ketiga menolak tenaga kerja asing (TKA) yang tidak memiliki keterampilan. Plus menghapus outsourcing, serta menyatakanakan memilih presiden 2019 yang pro buruh.


KSPI Nilai Perpres TKA Akan Mengorbankan Tenaga Kerja Lokal

Karyawan Kontrak BKI Menjerit, Di-PHK Tanpa Pesangon

Menteri Tenaga Kerja Pastikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2018 Naik 8,71%