Foto : ils/indo-aviation.com

British Airways Buka Kembali Penerbangan ke Iran

ahmad | Jumat , 02 September 2016 - 14:47 WIB

Publicapos.com - British Airways (BA) menjadi maskapai penerbangan Inggris pertama dalam empat tahun yang akan melayani rute penerbangan langsung ke Iran menyusul pencabutan beberapa sanksi terhadap Teheran, Kamis (01/09).
 
Operator pesawat BA akan mengoperasikan enam penerbangan per pekan antara London Heathrow dan Teheran, dengan penerbangan pertama akan lepas landas dari London sekitar pukul 21.00 (waktu setempat).
 
BA pertama kali menawarkan penerbangan London-Teheran pada 1946 namun mengakhiri layanannya pada 2007 terkait sanksi yang diberlakukan kepada Iran karena progam nuklirnya.
 
Maskapai Inggris lain, British Midland International (BMI), terus menawarkan layanan penerbangan ke Iran, namun sudah berakhir pada 2012.
 
Iran dan Inggris, Tiongkok, Jerman, Rusia serta Amerika Serikat (AS) menyetujui kesepakatan nuklir tahun lalu, membuka jalan bagi peringanan sanksi dan dimulainya kembali layanan penerbangan.
 
"British Airways memiliki sejarah panjang penerbangan ke Iran jadi kami sangat bersemangat untuk meluncurkan layanan enam kali sepekan baru kami, langsung dari Heathrow ke Teheran," kata Sean Doyle, kepala jaringan dan armada British Airways.
 
"Iran adalah negara yang menarik, penuh tempat menakjubkan dan mengejutkan serta memiliki budaya modern dan kuno untuk dikunjungi wisatawan.”
 
"Pencabutan terbaru dari sanksi tersebut juga secara efektif memungkinkan Iran untuk terbuka terhadap bisnis dan membuka jalan bagi perdagangan yang menghubungkan kembali perekonomian Iran," tambahnya.
 
Layanan penerbangan tersebut akan beroperasi menggunakan empat pesawat Boeing 777 dan hanya akan berjalan di bawah enam jam.
 


Dalam Hitungan Pekan, Catalonia Akan Memerdekakan Diri dari Spanyol

Mantan Presiden Irak Jalal Talabani Meninggal di Usia 83 Tahun

Korban Penembakan di Las Vegas Bertambah Jadi 58 Orang

Pelaku Penembakan di Las Vegas Baru Masuk Islam, ISIS Klaim Bertanggungjawab