Foto : ils/www.surabayapagi.com

Menteri Perekonomian Jerman Pimpin Delegasi Perdagangan ke Iran

Haidir | Selasa , 04 Oktober 2016 - 10:42 WIB

Publicapos.com - Menteri Perekonomian Jerman Sigmar Gabriel, Senin (03/10), memimpin delegasi bisnis ke Iran dalam upaya membangun kembali hubungan perdagangan dan mendukung upaya negara itu membuka diri ke panggung dunia meski berbeda dalam pandangan politik.
 
“Kami dapat membangun kembali kerja sama perdagangan yang pernah terjalin lama antara Iran dan Jerman. Perekonomian Jerman dapat memainkan peran penting dalam modernisasi Iran,” ujar Gabriel kepada wartawan.
 
Dia didampingi oleh sekitar 120 perwakilan bisnis dan puluhan jurnalis dalam kunjungan dua harinya ke Iran, dan media Iran menyebutkan bahwa 10 kesepakatan perdagangan ditandatangani di beberapa sektor seperti perbankan, energi dan perairan.
 
Beberapa perusahaan Jerman menaruh harapan besar terhadap Iran, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di Timur Tengah sekaligus salah satu pasar yang belum tersentuh dalam bisnis global.
 
Kesepakatan nuklir dengan beberapa negara adidaya tahun lalu mendorong pencabutan sanksi internasional terhadap Iran, meski perbankan global masih enggan untuk bekerja sama dengan Republik Islam tersebut karena sanksi Amerika Serikat yang masih diberlakukan.
 
Gabriel mengatakan pentingnya upaya untuk mengatasi kesulitan finansial, dan dirinya ingin mendukung pemerintahan Presiden Hassan Rouhani dalam upayanya membangun kembali hubungan mereka dengan negara-negara lain.


ASEAN Sepakati Tangani Perdagangan Manusia di Kawasan Asia Tenggara

Kerjasama dengan Rusia, Arab Saudi Antisipasi Penyebaran Ideologi Kebencian

Kanselir Jerman Angela Merkel Tak Dukung Kemerdekaan Catalonia

Sekjen dan Anggota DK PBB Akui Peran Penting Indonesia Atasi Krisis Kemanusiaan di Myanmar