Foto : ils/FPKB DPR RI

Ingin dengar Saran Ulama, PKB Gelar Halaqoh Ulama Rakyat

haidir | Minggu , 26 Februari 2017 - 17:04 WIB

Publicapos.com - Benih-benih radikalisme berbasis agama yang seolah tiada habis menarik perhatian Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB). Untuk itulah partai yang mengusung jargon Islam Rahmatan Lil’alamin ini berencana menggelar Halaqoh Ulama Rakyat yang khusus membahas tema tersebut pada Senin (27/02). 
 
Forum halaqoh yang bertempat di Pesantren Darul Falah Sepanjang, Glenmore, Banyuwangi ini akan menjadi pertemuan penting yang akan merumuskan berbagai strategi dan taktik dari para ulama dalam membendung arus radikalisme berbasis agama. 
 
Menurut Kyai Maman Imanul Haq, Ketua Desk Halaqoh Ulama DPP PKB, sebagai partai yang berdirinya dipelopori oleh para ulama, PKB tentu akan selalu meminta masukan saran dan nasehat dari para ulama.
 
“Ide, gagasan dan pikiran para Ulama di Forum Halaqah ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya juang Kader PKB di legislatif dan eksekutif serta mengoptimalkan perjuangan PKB dalam membela rakyat, utamanya untuk mencari  jalan keluar dalam mengatasi radikalisme berbasis agama,” Ujar Kyai Maman.
 
Seperti yang sudah dimaklumi, radikalisme berbasis agama merupakan salah satu tantangan untuk menjaga keutuhan dan persatuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). 
 
“Beberapa saat yang lalu saat kami melakukan raker (rapat kerja) dengan Menteri Agama Republik Indonesia, radikalisme berbasis agama ini merupakan salah satu isu-isu kekinian yang banyak dibahas, terutama adanya bibit-bibit radikalisme berbasis agama di sekolah maupun perguruan tinggi umum,” jelasnya lagi.
 
“Tentu hal ini patut menjadi perhatian kita bersama,” imbuh anggota komisi VIII DPR RI ini.
 
Paling tidak ada tiga bahasan pokok yang akan didiskusikan  dalam forum ini, yaitu sejarah kepeloporan & kontribusi NU terhadap NKRI, lalu menelaah dalil-dalil, baik Al-Qur'an dan Hadits yang dijadikan legitimasi/pembenaran gerakan radikalisme berbasis agama, serta merumuskan gerakan keagamaan dan kebangsaan dalam rangka menangkal radikalisme berbasis agama.
 
Dalam rilis yang dikeluarkan panitia, forum sehari ini akan dihadiri oleh ulama dan aktivis Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM-NU) se Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah seratus orang dan akan dibuka oleh Pak Halim Iskandar, Ketua DPW PKB Jawa Timur, sebagai keynote speaker.
 
Kedepan, Halaqoh ulama ini direncakan akan diselenggarakan disetiap propinsi seluruh Indonesia. 
 
“Halaqoh Ulama di Banyuwangi menjadi starting movement (titik awal gerakan-red) bagi PKB untuk bersilaturrahmi dan menimba ilmu kepada Ulama di seluruh Indonesia,” Imbuh Kyai yang juga aktivis dialog lintas agama ini.


Sekjen DPP PKB Memuji Penggunaan SIPOL

Khawatir Data Partainya Diretas, PKB Minta Keamaan SIPOL Ditingkatkan

PDIP Umumkan Calon Gubernur Pilkada Serentak 15 Oktober Mendatang

Hadiri Haul KH. Syansuri, Cak Imin: Mari Kejar Ketertinggalan Islam dalam Teknologi