Foto : Ketua umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, atau akrab disapa Cak Imin

Cak Imin: Sering-Seringlah Sarungan, Biar Tidak Emosi dan Gampang Tersinggung

rhr | Senin , 06 November 2017 - 04:01 WIB

Publicapos.com - Sarungan adalah budaya santri yang sudah menusantara. Bersarung itu tetap bisa aktif, kekinian dalam melakukan aktivitas apapun, termasuk jalan sehat dan olahraga.

Demikian penjelasan Ketua umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, atau akrab disapa Cak Imin, dalam acara Jalan Sehat Santri Bersarung dan Berbusana Muslim, yang digagas oleh Ansor Jember bersama NU dan DPC PKB Jember, Minggu (5/11/2017).

“Kaum sarungan jangan minder, harus percaya diri karena sarungan itu asyik. Sarungan itu adem. Adem di kulit, adem juga di hati. Indonesia butuh yang adem-adem agar tidak muncul banyak gesekan,” ujar Cak Imin.

Cak Imin berharap agar NU, para santri, dan budayanya menjadi bagian dari yang menyejukkan Indonesia dan membawa rahmat bagi negeri ini. Pasalnya, Indonesia ini sangat beragam, maka potensi gesekan pasti selalu ada.

“Karenanya jangan cepat emosi, jangan gampang tersinggung, sering-seringlah memaafkan. Sering-seringlah sarungan karena sarungan itu adem,” imbuhnya.

Sekitar 50.000 orang berkumpul di alun-alun Kota Jember untuk meramaikan acara tersebut. Cak Imin ikut membuka acara yang mayoritas diikuti para santri itu. Ia tampak santai dengan kaos hitam dan sarung kotak-kotak hijau.

Tampak hadir Anggota Komisi XI, Cucun Syamsurizal, Saiful Bahri Ansori, Jazilul Fawaid, serta sejumlah anggota DPRD Jawa Timur. Hadir pula Wakil Bupati Jember, KH. Muqit Arief, Ketua MUI Jember, KH. Halim Soebahar, Ketua NU Jember, KH. Syamsul Arifin. (rhr)


Hari Santri Nasional: Pesantren dan Kitab Kuning Tidak Dapat Dipisahkan