Foto : Anggota DPR RI Rambe Kamarul Zaman

Sosialisasi 4 Pilar, Rambe: Budaya dan Agama Sejalan dengan Pancasila

rhr | Rabu , 06 Desember 2017 - 13:09 WIB

Publicapos.com - Kegiatan keagamaan dan kebudayaan di daerah dapat dijadikan sebagai momentum dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, karena ajaran agama dan adat istiadat di Indonesia tidak bertentangan dengan Pancasila.

Demikian penyampaian Anggota DPR RI, Rambe Kamarul Zaman, dalam kegiatan "Sosialisasi Empat Pilar dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" di Lapangan Bola Gunung Tua, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, Selasa (5/12/2017) kemarin.

"Budaya dan agama sejalan dengan Pancasila. Para pendiri bangsa kita merumuskan Pancasila dari nilai-nilai lokal, adat dan tradisi, budaya, termasuk ajaran agama yang ada di Nusantara," kata Rambe.

Acara tersebut bersamaan dengan kegiatan "Festival Nasyid Se Kabupaten Padang Lawas Utara" yang dihadiri oleh ratusan ibu-ibu majlis taklim khususnya dari Kecamatan Padang Bolak serta sejumlah kepala desa dan perwakilan dari pihak kecamatan.

Legislatif dari dapil Sumatera Utara II ini menjelaskan, faham keagamaan belakangan ini kerap disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berserangan dengan pemerintah, bahkan mereka, lanjutnya, ingin mengganti ideologi Pancasila dengan sistem khilafah.

"Pancasila itu sudah final, nilai-nilai agama ada dalam sila-sila Pancasila. Negara Indonesia menjunjun tinggi keberagaman dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika," jelas Ketua Fraksi Partai Golkar MPR RI ini.

Selain itu, Rambe juga menekankan kepada masyarakat Padang Lawas Utara arti penting kehidupan dalam berbangsa dan bernegara, bahwa Indonesia adalah negara hukum yang memiliki undang-undang dan peraturan untuk dipatuhi secara bersama. (rhr)


Adakan Sosialisasi 4 Pilar, Rambe Ajak Santri Faham Agama dan Kebangsaan